Jumat, 18 Desember 2020

Memanfaatkan WhatsApp Grup sebagai Folder Pribadi

Madu-galur.sch.id -- Sejak kemunculan telepon pintar, WhatsApp selalu menemani kita dalam berkomunikasi. Dalam Play Store dijelaskan ada sekitar 5 Milyar orang mengunduh WhatsApp Messenger. Dari data tersebut dapat dijelaskan bahwa hampir seluruh orang di dunia punya WhatsApp di Handphone-nya.

Di masa Pandemi Covid-19, banyak sekolah memanfaatkan WhatsApp tidak lagi sebatas media komunikasi, melainkan dimanfaatkan sebagai media pembelajaran guru terhadap siswa.

Oh ya! Di dalam WhatsApp ada 1 (Satu) fitur yang bernama Chat Group. Fitur yang dikenal orang dengan WhatsApp Group (WAG) ini biasa digunakan untuk berkomunikasi secara berkelompok dengan teman dan keluarga yang berada di dalam kontak.

Selain dapat digunakan untuk berkomunikasi secara berkelompok, fitur Chat Group dapat kita manfaatkan sebagai folder pribadi, lho…

Manfaat Folder Pribadi di antaranya sebagai tempat,

  1. transit materi yang akan disampaikan
  2. menyimpan rahasia
  3. menyimpan catatan penting,
  4. dll

 
Tampilan folder pribadi pada WhatsApp yang sudah siap digunakan – Sumber: Dokumen Pribadi

Adapun cara memanfaatkan WhatsApp Grup sebagai folder pribadi sebagai berikut:

  1. Buat Grup Baru
    Hal ini mungkin dianggap biasa bagi yang udah terbiasa, tapi bagi ‘awamers’ istilah ini terdengar asing. Baik, kita akan mulai dari awal ya!
    Untuk membuat grup baru, buka halaman Chat WhatsApp lalu pilih titik 3 (Tiga) di pojok kanan atas. Selanjutnya pilih menu “Grup Baru” dan ikuti langkah-langkahnya.
  1. Rekrutmen Anggota
    Sebelum menjadi Grup WhatsApp, pada menu “Grup Baru” Anda akan diminta untuk melakukan “Tambah Anggota”. Pilih satu saja anggota grup yang ada pada kontak Anda (kalo aku sih menambahkan kontak istri saja, biar enak negosiasinya, hehe)
  1. Beri nama Grup Baru
    Setelah Anda rekruitmen/menambahkan anggota, Anda akan diminta memberikan Nama Grup yang telah Anda buat. Nah, silakan beri nama sesuai kebutuhan. (kalo aku karena untuk kebutuhan sekolah terus aku beri nama Aziz Sekolah)
  1. Pilih logo/foto profil
    Setelah selesai pemberian nama, biar lebih keren, grup yang Anda buat bisa Anda tambahkan logo.
  1. Keluarkan Anggota
    Setelah Grup yang Anda buat selesai, saatnya keluarkan anggota yang ada di dalam grup.
  1. Folder pribadi siap
    Selanjutnya gunakan dengan bijak ya..

Artikel ditulis oleh: Muhammad Ridwan Aziz, S.Pd. (Guru Mata Pelajaran Sosiologi)