Jumat, 10 Desember 2021

PKKM MA Darul 'Ulum Muhammadiyah Galur : Sebagai Momentum Evaluasi Kinerja Madrasah

 

Gambar 1. Saat berlangsungnya pembukaan PKKM

Kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah atau disingkat dengan PKKM di MA Darul ‘Ulum Muhammadiyah Galur telah dilaksanakan, Jum’at (10/12). Penilaian ini dilaksanakan oleh pengawas dari Kementrian Agama Kabupaten Kulon Progo yaitu Hj.Kalimah, S.Ag, MA. Berlangsung dari pukul 08.00 sampai 10.30 WIB, dibuka oleh Ibu Dra.Sumiarsih dalam mengawali acara ini, kemudian dilanjut sambutan dari Bapak Didin Saprudin, S.Pd.I, M.Pd selaku Kepala Madrasah. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa dalam PKKM ini kami semua telah menyiapkan dengan semaksimal mungkin, jika masih banyak kekurangan kami mohon bimbingannya. Dilanjut kemudian sedikit pengantar dan arahan dari pengawas. Hj. Kalimah, S.Ag, MA dalam pengantarnya bahwa PKKM ini tidak hanya sekadar menilai tetapi lebih kepada berbagai masukan untuk madrasah supaya lebih baik ke depannya.

Gambar 2. Seluruh Guru dan Karyawan saat mengikuti PKKM

Tujuan Penilaian Kepala Madrasah juga disampaikan oleh pengawas dalam pengantarnya, yaitu

  1. menjaring informasi bahan pengambilan keputusan dalam penetapan efektif atau kurang efektifnya kinerja kepala madrasah
  2. meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja kepala madrasah
  3. menghimpun informasi sebagai dasar untuk pengembangan keprofesian berkelanjutan,
  4. menjamin objektivitas pembinaan kepala madrasah melalui sistem pengukuran dan pemetaan kinerja kepala madrasah 
  5. menyediakan informasi sebagai dasar dalam sistem peningkatan promosi dan karier kepala madrasah serta bentuk penghargaan lainnya dan
  6. menentukan nilai kinerja kepala madrasah sebagai dasar untuk penetapan angka kredit dan pengembangan keprofesian berkelanjutan.

Dalam PKKM ini, terdapat enam komponen penilaian tugas utama kepala madrasah yang dinilai. Komponen tersebut di antaranya : Kepribadian dan Sosial, Usaha Pengembangan Madrasah, Pelaksanaan tugas Manajerial, Pengembangan Kewirausahaan, Supervisi kepada Guru dan Tenaga Pendidik, dan Hasil Kinerja Kepala Madrasah.

Gambar 3. Saat berlangsungnya penilaian setiap komponen

Proses penilaian berlangsung dengan lancar dan tertib, semua tim dari berbagai komponen telah maju ke depan. Selama berlangsungnya penilaian, tentunya disampaikan berbagai catatan dan evaluasi oleh penilai terkait apa yang dinilai di setiap komponennya. Beberapa hal disampaikan oleh penilai untuk dibenahi supaya ke depan lebih baik lagi.


Penilaian semua komponen telah selesai dan dilanjut penutupan. Ditutup oleh Ibu Dra. Sumiarsih selaku Waka Kurikulum, beliau menyampaikan bahwa apa yang kami laporkan dan kami kerjakan untuk PKKM hari ini telah kami persiapkan semaksimal mungkin, dan berharap mendapat hasil yang terbaik. Pada saat ini, penilai juga sangat mengapresiasi atas kinerja dan kekompakan tim dalam menyiapkan berbagai dokumen. Kegiatan PKKM ini kami akhiri dengan sesi foto bersama seluruh guru karyawan dan penilai. (annisa)

Gambar 4. Sesi foto bersama di penghujung acara