Minggu, 11 April 2021

Semangat Pengkaderan di Tengah Pandemi Covid-19, PR IPM MA DU Muhammadiyah Mengirimkan Anggotanya Mengikuti Pelatihan Taruna Melati 1

Madu-galur.sch.id -- Pandemi Covid-19 hingga saat ini masih belum selesai, meski demikian tidak menyurutkan semangat Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PC IPM) Galur dan Lendah untuk mengadakan Pelatihan Taruna Melati 1 (TM 1) bagi para kader di wilayahnya. Acara TM 1 dilaksanakan pada hari Ahad (4/4/2021) bertempat di SMK Muhammadiyah 1 Lendah.

Ada 35 peserta pelatihan, peserta tersebut terdiri dari perwakilan Pengurus Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PR IPM) di Kecamatan Galur dan Lendah, dan PR IPM MA DU Muhammadiyah Galur mengirim 8 peserta.

Acara yang berlangsung selama 1 hari ini menekankan pada materi Keislaman, Kemuhammadiyahan, dan Ke-IPM-an. Adapun pemateri berasal dari Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD IPM), yaitu: Sukriyanto, Zaki Anwar, dan Arvi Utami. Dalam pembahasannya pemateri sering mengadakan diskusi dengan peserta, sehingga pembahasan materi menjadi hidup dan menyenangkan. 

Sesekali para pemateri mengajak para peserta untuk bermain permainan Ice Breaking agar peserta selalu bersemangat dan tidak bosan.

Tidak lupa meski kegiatan TM 1 berlangsung tatap muka, tetap saja penerapan protokol kesehatan itu nomor satu, agar tidak terjadi penularan Covid-19 di antara peserta dan juga panitia, seperti: memakai masker, mengatur tempat duduk tidak berdekatan, jaga jarak dalam setiap kegiatan, dan rajin cuci tangan.

Sebelum kegiatan Pelatihan TM 1 ditutup, panitia memberikan reward kepada peserta yang paling disiplin, paling tinggi nilainya, paling aktif, paling semangat, paling kalem, dan kelompok terheboh. Pokoknya dalam hal ini para panitia mengemas kegiatan Pelatihan TM 1 dengan menarik.

Taruna Melati 1 adalah pelatihan kader dasar buat para anggota IPM yang baru bergabung, untuk lebih mengenal tentang IPM. Pelatihan TM 1 ini menekankan pada pemahaman ideologi Islam dan pengenalan diri. (Laela/IPM)