Sabtu, 15 Juli 2023

MATSAMA MA Darul Ulum Muhammadiyah Galur Tahun Pelajaran 2023/2024 : Spirit, Kolaboratif, Ciptakan Palajar Kreatif



Kulon Progo – MA Darul Ulum Muhammadiyah Galur menyelenggarakan kegiatan MATSAMA (Masa Taaruf Siswa Madrasah) Tahun 2023/2024 pada hari Kamis dan Jumat tanggal 13 da 14 Juli 2023. Tema yang diusing pada MATSAMA Tahun 2023 ini adalah “Spirit, Kolaboratif, Ciptakan Pelajar Kreatif”. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa MA Darul Ulum Muhammadiyah Galur yakni sebanyak 57 siswa. Kegiatan MATSAMA dimulai dari pukul 06.45 WIB dan diawali dengan sholat dhuha. 


Kegiatan MATSAMA hari pertama dimulai dengan pembukaan oleh kepala madrasah, Didin Saprudin S.Pd.I. MPd. Acara pembukaan juga dihadiri oleh guru, dan karyawan MA Darul Ulum Muhammadiyah Galur. Kepala madrasah menyampaikan sambutan dengan ucapan selamat datang kepada siswa baru, beliau menyampaikan bahwa kegiatan MATSAMA bertujuan agar siswa baru dapat lebih mengenal lingkungan madrasah. Selain itu kepala madrasah juga menyampaikan pesan kepada seluruh siswa tentang budaya digital dan moderasi beragama.

Setelah kegiatan pembukaan, acara dilanjutkan dengan penyampaian dua materi. Materi yang pertama disampaikan oleh Wakil Kepala Madrasah Bidang Krikulum, Rida Candra Ningrum, S.Pd. Materi pertama ini membahas terkait pengenalan madrasah, pengenalan guru dan karyawan, kegiatan pembelajaran, serta kurikulum yang digunakan di MA Darul Ulum Muhammadiyah Galur.

Penyampaian materi kedua dilanjutkan oleh Wakil Kepala Madrasah Bidang Sarana dan Prasarana, Nanang Hanif Fauzi, S.Pd. Materi yang disampaikan berisi tentang pengenalan fasilitas dan saranan yang dimiliki MA Darul Ulum Muhammadiyah Galur. Materi ini disampaikan agar siswa baru dapat lebih mengenal lingkungan madrasah. 

Siswa antusias saat mengikuti kegiatan MATSAMA hari pertama, kegiatan lebih meriah dengan adanya ice breaking yang diberikan oleh panitia. Siswa terlibat aktif selama kegiatan berlangsung. MATSAMA hari pertama berlangsung lancar dan selesai pada pukul 12.00 WIB setelah sholat dhuhur berjamaah.





Kegiatan MATSAMA hari kedua tidak berbeda jauh dengan hari pertama. MATSAMA hari kedua dibuka dengan yel-yel setiap tim yang telah dibentuk. Setelahnya, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian dua materi. Materi yang pertama yakni penjelasan tentang kegiatan-kegiatan siswa oleh Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, Neili Badiatul Khusna, S.Pd. Pada materi ini siswa juga diajak berdiskusi terkait minat dan bakat mereka untuk menentukan ekstrakulikuler pilihan yang akan diselenggarakan madrasah. Selain memilki kemampuan akademik yang baik, madrasah ingin siswa memiliki lebih banyak kegiatan positif dan membekali siswa dengan keterampilan yang berguna bagi kehidupan mereka. Harapannya jika ekstrakulikuler disesuaikan dengan minat dan bakat, siswa dapat lebih semangat mengikuti ekstrakulikuler. 

Materi kedua disampaikan oleh Guru Bimbingan Konseling, Anes Iswantini, S.Pd. Materi ini berisi mengenai bullying dan pilihan kelanjutan karir bagi siswa. Pada materi ini siswa diberi penjelasan mengenai arti, jenis, penyebab, dan dampak dari bullying. Materi ini diberikan agar tidak ada tindakan bullying di lingkungan madrasah sehingga tercipta suasana yang aman dan nyaman. Selain itu juga disampaikan wawasan dan motivasi terkait perguruan tinggi dan berbagai beasiswa bagi siswa yang ingin melanjutkan studi. Motivasi dan informasi terkait dunia kerja juga diberikan untuk siswa yang ingin langsung terjun di dunia kerja dan berkarir. 


Hari kedua MATSAMA juga berlangsung lancar dan meriah, ice breaking yang diberikan pada hari kedua lebih banyak. Pada hari kedua juga dilakukan acara tukar kado yang sebelumnya sudah diinformasikan. Acara hari kedua selesai dan ditutup pukul  11.00 WIB. 

1 komentar

  1. Masya Allah Tabarakallah..
    Semangat maju untuk MA Darul Ulum tercintaaa

    BalasHapus